Appointment Book

Selasa, 19 Februari 2013

MACAM-MACAM SISTEM OPERASI KOMPUTER


Sistem Operasi Komputer :






1.DOS
Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows – Run, lalu ketik cmd.



2.MICROSOFT WINDOWS OS



  Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

3.UNIX
Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley.






4.LINUX OS



Linux Untuk Umat Manusia
Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.
Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu dan kami mengundang Anda untuk turut serta berpartisipasi mengembangkan Ubuntu!
Ubuntu adalah suatu sistem operasi bebas dan open source yang menggunakan Debian sebagai fondasinya dan dirilis secara berkala (setiap enam bulan), fokus utama sistem operasi Ubuntu adalah para pengguna dan kemudahan penggunaan (sesuai dengan “Just Work” TM) dan pada setiap rilis Ubuntu akan memberikan perbaikan keamanan selama 18 bulan. Ubuntu menyertakan lingkungan desktop Gnome / KDE / XFCE terbaru di setiap rilis dan juga menyertakan beragam pilihan perangkat lunak untuk server dan desktop yang semuanya dikemas ke dalam satu CD.
Linux mendukung banyak perangkat keras komputer, dan telah digunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi, superkomputer dan sistem benam (embedded system), seperti telepon seluler (Ponsel) dan perekam video pribadi.






  5.APPLE MACINTOSH OS
Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.
Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertikal yang mana Apple memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk komputer non-Apple.
Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001.
Karakter “X” adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf “X” yang terdengar seperti “eks”. Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran “x” (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix).















2. PERBEDAAN ANTARA WINDOWS, LINUX DAN MACINTOSH DARI SISI KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA :



a.MICROSOFT WINDOWS OS

Kelebihannya :
·      Pengguna (user) bisa membuka lebih dari 1 file dalam waktu bersamaan.
·      Pengguna (user) dapat menjalankan lebih dari 1 aplikasi pada saat yg bersamaan.
·      Digunakan oleh mayoritas pengguna computer di dunia.
·      Banyak terdapat aplikasi yg kompatibel dgn Windows.
·      Bisa sharing dari berbagai data aplikasi yang lainnya dgn mudah.
·      Banyak mendukung dari hardware & software.
·      Aplikasi lengkap
·      Lebih friendly
Kekurangannya :
·      Space hardisk yang dibutuhkan besar.
·      Membutuhkan kecepatan prosesor yang begitu tinggi.
·      Sistem file yg agak kacau,
·      Untuk mendapatkannya harus membeli
·      Rentan terkena virus
Contoh: jika kita menginstall suatu aplikasi system DLL (Dynamic Link Libraries)  biasanya langsung diletakkan di C:\\Windows\System\
Sementara aplikasi itu sendiri letaknya ada di tempat yang lain, sehingga dapat menyusahkan disaat menguninstall aplikasi tersebut.






b.LINUX OS



       Kelebihan Linux :
·      Jika pada Linux, bisa berinteraksi dgn operating system lain dgn cara : Kompabilitas file system, network, & emulasi operating system.
·      Lisensi gratis
·  Virtual memory linux mempunyai kemampuan menjalankan program – program yg lebih dari seharusnya.
·      Didukung ribuan programmer – programmer seluruh dunia.
·      Bisa didapatkan secara gratis
·      Lebih stabil dan lebih tahan dari serangan virus
·      Aplikasi linux juga sudah lengkap
·      Linux lebih flexsibel dan reliable



      Kekurangan Linux :
·
  Aplikasi yang tersedia belum begitu lengkap, tidak seperti di windows.
·      Operating system yang lumayan sulit untuk dipelajari.
·  Banyak pengguna yang belum terbiasa denganLinux dan masih ‘Windows minded’. Hal inidapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atauedukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
·   Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux.Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya diLinux-Drivers.org atau LinuxHardware.org.
·   Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bilaterkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD /DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harusmen-download satu per satu package yangdibutuhkan beserta dependencies-nya.
·   Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.



c. Machintosh OS



Kelebihan
a. Lebih stabil karena menggunakan UNIX
b. Multitasking.
c. Bisa mengenal file format windows.
d. Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia.
e. Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
f. Open source code sehingga Mac OS sulit dibajak.
g.  Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data.
h. Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
i.  Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya. Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang memilih Mac karena untuk menghindari virus.
j. Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya.
k. Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas.

Kekurangan Mac OS
a. Mahal.
b. Hanya cocok untuk graphic designer.
c. Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS
d. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.
e. Software di Mac OS tidak begitu lengkap.
f. Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.







d.DOS OS



A. Kelebihan Menggunakan DOS :
    
  a. Dapat lebih mudah membuat folder bersama subfolder nya.
  b. Dapat melihat file di suatu harddisk atau folder secara keseluruhan maupun yang di hidden.
  c. Dapat mengcopy file lebih cepat dibandingkan sistem operasi berbasis GUI (Graphic Unit Interface).


B. Kekurangan Menggunakan DOS :


    a. Resiko Kehilangan file lebih besar jika kita sedang ceroboh atau tidak fokus.
    b. Tempilan kurang menarik.
    c. Pengoperasian nya masih berbasis teks.






e.UNIX OS

     Kelebihan :  

1.Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client pengembangan Java
2.Stabilitas dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows NT. 
3.Telah tersedia sistem operasi Unix versi “hampir” gratis.



   Kekurangan :
1.Harga sistem operasi komersial yang mahal.
2.Kecepatan inovasi Linux lama kelamaan mendesak sistem Unix komersial.
3.Penawaran sistem operasi Unix versi “hampir” gratis tak sebaik sistem operasi Unix komersial.
4.Driver hardware yang kurang menyenangkan pada versi “hampir” gratisnya.
Sedikit software untuk kantor.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar